Beranda > Nabi/Rosul 2 > Ilyasa – Pendamping dan Penerus Ilyas

Ilyasa – Pendamping dan Penerus Ilyas

Ilyasa – Pendamping dan Penerus Ilyas
Nabi Ilyasa hidup sekitar Abad 9 SM. Dalam Kitab lain ia dikenal dengan nama Elisa. Ilyasa adalah anak dari Saffet (paman nabi Ilyas) dan penerus Nabi Ilyas. Ilyasa adalah rasul dari kalangan bani Israel dengan garis keturunan yang sama dengan Musa, Harun dan Ilyas. Dia menghadapi sikap penyangkalan Raja dan Ratu Israel terhadap agama sepeninggalan Nabi Ilyas. Nabi Iyasa menunjukkan banyak mujizat tapi malah dikatakan sihir seperti kepada Ilyas sebelumnya. Mereka terus membangkang sepanjang hidup nabi Ilyasa.

Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa’ dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik (QS Shaad : 48)

Setelah beberapa lama bangsa Israel ditaklukan oleh bangsa Assyria yang menghancurkan Kuil Gunung dan menyebabkan kerusakan parah di Israel.Nama Ilyasa disebut dalam kisah Nabi Ilyas, saat Rasul itu dikejar-kejar kaumnya dan bersembunyi di rumah Ilyasa. Maka besar kemungkinan Ilyasa juga tinggal diseputar lembah sungai Yordan.

Ketika Ilyas bersembunyi di rumahnya, Ilyasa masih belia dan saat itu menderita sakit. Nabi Ilyas membantu menyembuhkan penyakitnya. Setelah sembuh Ilyasa menjadi anak angkat Ilyas yang selalu mendampingi untuk menyerukan kebaikan dan meneruskan tugas menyeru kepada kebaikan tesebut setelah Ilyas wafat. Namun kaum tersebut masih saja membangkang mendengar seruan Nabi Ilyasa sehingga mengalami lagi azab kekeringan yang hebat.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: