Beranda > Internet > Apa Itu Bandwidth ?

Apa Itu Bandwidth ?

Apa yang dimaksud dengan Bandwidth?

Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda.
Contoh: Ketika anda menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, misalnya 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman website ke PC-nya), atau anda upload gambar/file ke account dan sebagainya.

Bandwidth/Site Traffic dihitung per bulan & bisa dilihat di cPanel.

Jika anda mengenal Telkom Speedy, Bandwidth ini cara kerjanya sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang menjadi acuan bagi perhitungan kuota Telkom Speedy adalah data yang keluar/masuk ke PC/Modem ADSL anda, sedangkan di hosting acuannya adalah data yang keluar/masuk ke account.

Membagi bandwidth ke beberapa personal computer
Banyak pertanyaan yang muncul seputar pembagian bandwidth internet (kadang disebut juga bandwidth limiter atau traffic shaper atau traffic limiter), banyak juga solusinya, yaitu dengan menginstall software yang diperuntukkan khusus untuk membagi bandwidth.
Mengapa bandwidth harus dibagi ? Tentu saja, jika anda memiliki bandwidth akses internet yang tidak besar dan mesti dibagi ke beberapa PC, jika tidak mempergunakan software pembagi bandwidt maka yang terjadi adalah PC yang dipasang sofware downloadt akan menghabiskan seluruh bandwidth yang ada dan tidak memberi kesempatan pada PC lain untuk mendapatkan akses internet.

Untuk itu diperlukan software yang bisa menangani pembagian bandwidth secara adil dan rata.
Sayangnya banyak pengguna internet yang hendak membagi bandwidth umumnya mempergunakan Microsoft Windows sebagai sistem operasi, padahal kebanyakan system pembagi bandwidth yang bagus umumnya mempergunakan sistem operasi linux/BSD yang buat orang kebanyakan sedikit malas untuk mencoba dan bereksperimen mempergunakan sistem operasi tersebut.

Adapun software yang mempergunakan sistem operasi Windows biasanya harganya cukup mahal dan tidak setajam yang dimiliki oleh sistem operasi nix/linux/BSD
Beruntunglah baru-baru ini ada software yang bisa dipakai untuk membagi bandwidth yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows.

Bandwidth Controller, sebuah software baru yang mampu membagi bandwitdh rata ke beberapa PC sepertinya patut dicoba oleh anda yang ingin mengatur pembagian bandwidth ke beberapa PC. Software yang berjalan di microsoft windows ini layak dicoba karena memiliki fitur- fitur yang lengkap layaknya software yang berjalan di sistem operasi nix/linux/BSD.

Dengan sofware ini, sistem operasi microsoft windows tidak sekedar bisa mensharing koneksi saja, tapi memiliki kemampuan membatasi dan mengatur PC-PC yang terhubung dengan bandwitdh yang rata dan pasti. Dengan demikian PC-PC yang ada bisa mendapatkan bandwidth yang rata dan adil. Hebatnya lagi softwarenya bisa didapatkan gratis dengan limitasi tertentu. Silahkan saja coba download di http://bandwidthcontroller.com/

  1. Belum ada komentar.
  1. 06/10/2014 pukul 10:04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: