Beranda > Ilmu pengetahuan > Pesawat Tempur Tercanggih Dan Mematikan di Dunia

Pesawat Tempur Tercanggih Dan Mematikan di Dunia

Tidak ada satupun pesawat tempur di Bumi (saat artikel ini saya buat) yang bisa mengalahkannya. Inilah F-22 Raptor, pesawat tempur futuristik dari generasi ke 5 Pesawat Tempur Amerika Serikat.

F-22 Raptor adalah pesawat tempur siluman buatan Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya direncanakan untuk dijadikan pesawat tempur superioritas udara untuk digunakan menghadapi pesawat tempur Uni Soviet, tetapi pesawat ini juga dilengkapi peralatan untuk serangan darat, peperangan elektronik, dan sinyal intelijen. Pesawat ini melalui masa pengembangan yang panjang, versi prototipnya diberi nama YF-22, tiga tahun sebelum secara resmi dipakai diberi nama F/A-22, dan akhirnya diberi nama F-22A ketika resmi mulai dipakai pada Desember 2005. Lockheed Martin Aeronautics adalah kontraktor utama yang bertanggungjawab memproduksi sebagian besar badan pesawat, persenjataan, dan perakitan F-22. Kemudian mitranya, Boeing Integrated Defense Systems memproduksi sayap, peralatan avionik, dan pelatihan pilot dan perawatan.

Pergerakan
Mesin turbofan ganda Pratt & Whitney F119-PW-100 F-22 memiliki kemampuan pengarah daya dorong. Pengarah ini bisa mengatur perputaran axis pitch sampai sekitar 20°. Daya dorong maksimum mesin ini masih dirahasiakan, namun diperkirakan sekitar 35.000 lbf (156 kN) per turbofan. Kecepatan maksimum pesawat ini diperkirakan sekitar Mach 1,2 ketika dalam supercruise tanpa senjata eksternal. Dengan afterburner, menurut Lockheed Martin, kecepatannya “lebih dari Mach 2,0” (2.120 km/jam).

F-22 juga bisa bermanuver dengan sangat baik pada kecepatan supersonik maupun subsonik. Penggunaan pengarah daya dorong membuatnya bisa berbelok secara tajam, dan melakukan manuver ekstrim seperti Manuver Herbst, Kobra Pugachev, dan Kulbit. F-22 juga bisa mempertahankan sudut menyerang konstan yang lebih besar dari 60°. Ketinggian terbang juga mempengaruhi serangan. Dalam latihan militer di Alaska pada Juni 2006, para pilot F-22 menyebut bahwa kemampuan terbang pada ketinggian yang lebih tinggi dari pesawat lain merupakan salah satu faktor penentu kemenangan mutlak F-22 pada latihan tersebut.

Avionik


F-22 menggunakan radar AN/APG-77 AESA yang dirancang untuk operasi superioritas udara dan serangan darat, yang sulit dideteksi pesawat lawan, menggunakan apertur aktif, dan dapat melacak beberapa target sekaligus dalam cuaca apapun. Radar ini juga dapat memfokuskan emisi terhadap sensor lawan, membuat pesawat lawan mengalami gangguan. Radar ini memiliki jarak jangkau sekitar 125-150 mil, dan direncanakan untuk dimutakhirkan dengan jarak maksimum sekitar 250 mil, radar dengan jangkauan lebih jauh dari pesawat-pesawat lain, bahkan nyaris setara AWACS. Artinya F-22 dapat melihat anda jauh sebelum anda bisa melihat pesawat ini.

Pesawat ini bisa mengetahui pesawat musuh mana yang menjadi target pesawat pendamping kita, jadi tidak sampai terjadi pengejaran target yang sama. F-22 juga memiliki sistem Radar LPI super canggih (Low Probability of Intercept Radar), artinya pesawat yang telah terdeteksi radar F-22 tidak akan bisa tahu kalau dia sudah terdeteksi dan radar warning-nya tidak akan menyala.


F-22 memiliki teknologi Thrust Vectoring di ekornya, artinya pengeluaran energi mesinnya dapat diarahkan secara mekanis dengan lebih fleksibel. Ini membuat kemampuan manuvernya lebih tinggi.

Persenjataan
F-22 dirancang untuk membawa peluru kendali udara ke udara yang tersimpan secara internal di dalam badan pesawat agar tidak mengganggu kemampuan siluman dan aerodinamikanya. Peluncuran rudal ini didahului oleh membukanya katup persenjataan lalu rudal didorong kebawah oleh sistem hidrolik.

Pesawat ini juga bisa membawa bom, misalnya Joint Direct Attack Munition (JDAM) dan Small-Diameter Bomb (SDB) yang lebih baru. Selain penyimpanan internal, pesawat ini juga dapat membawa persenjataan pada empat titik eksternal, tetapi apabila ini dipakai akan sangat mengurangi kemampuan siluman, kecepatan, dan kelincahannya.

Pada F-22, selain pemakaian material penyerap radar, bentuk dan rupa F-22 juga dirancang khusus, dan detil lain seperti cantelan pada pesawat dan helm pilot juga sudah dibuat agar lebih tersembunyi. F-22 juga dirancang untuk mengeluarkan emisi infra-merah yang lebih sulit untuk dilacak oleh peluru kendali “pencari panas”.

Pesawat Tempur Tercanggih Versi DERA
Berdasarkan riset dari Defense Evaluation And Research Agency, F-22 adalah pesawat tercanggih dan paling mematikan di dunia, bahkan jauh lebih mematikan dari pesawat terbaik Rusia saat ini, SU-35 ( sementara SU-37 masih berupa eksperimental).

Dibandingkan pesawat tempur tercanggih Eropa Eurofighter Typhoon, F-22 dua kali lebih berbahaya. Artinya setiap satu pesawat F-22 bisa menembak jatuh 2 pesawat Typhoon. Sedangkan pesawat Amerika generasi sebelumnya, F-16, tidak akan mungkin mengalahkan F-22 dalam kondisi apapun.

  1. surya
    07/08/2012 pukul 09:11

    mending naik sepeda bawa bambu runcing, umur gk ada yg tauu

  2. Anonim
    05/05/2012 pukul 17:51

    jgn prnah remehkan indonesia,banyak org indonesia yg lebih pintar dari org luar,cm masalahnya pemerintah aja yg gak perduli dan gak sadar klw kt sebenarnya negara adidaya melebihi negara manapun,berdoa aja semoga pejabat2 yg suka korupsi cepat sadar,

  3. engkus kusnadi
    01/07/2011 pukul 19:44

    ok itu pesawatnya broooo……………

  4. martin
    28/06/2011 pukul 03:51

    waakkakakak pada bacaot semua kek anak tk aja dah……

    dasar islam cacad

    • engkus kusnadi
      01/07/2011 pukul 19:45

      hati hati kalau bicara bozzzzzz…………….

  5. 16/06/2011 pukul 15:54

    andaikan gw jdi pilot nya… pasti dunia kan ku sebrangi,,
    tunggu sa’at nya datang,, ciptaan masa depann……..

  6. Abhel Cobain
    24/05/2011 pukul 16:13

    Like it,

    semoga w bisa nyiptain lebih dari itu,

  7. 10/04/2011 pukul 11:45

    aplus deh buat negara yang maju dan super cangih..kalau indonesia aplus juga buat kegalan nya dalam autista tempurnya. bisanya maki-maki negara eropa dan sekutunya yang berupaya untuk negaranya sendiri. makanya indonesia bisa nya cuman ngutang-ngutang kpd negara lain dalam membeli austista tempurnya. tiru tuh negara korea yang setara ama u bangsa asia.

  8. kasinoarif@yahoo.com
    25/12/2010 pukul 11:30

    heeee////kalo angkatan mudanya ga cuma tawuran dan mau belajar, ga suka yang instan tapi mau berkreasi, ga suka kebarat baratan tapi suka ma budaya sendiri…bermoral dan beragama maka bangsa ini kan bagus beberapa tahun kedepan.jangan suka menghujat….jangan suka mengejek..itu baru generasi mas depan.menilai boleh tapi jangan menjelekan.melihat boleh tapi tuk dipelajari…heee kalo pengen bisa buat kaya geto makanya belajar ya adek adeku haaa

  9. hasyriel
    14/09/2010 pukul 21:42

    napa marah kah ndak terima kubakar rumahmu

  10. toar
    17/07/2010 pukul 10:09

    indonesia cuma tahu korupsi

  11. Anonim
    19/04/2010 pukul 19:18

    bener bro, kita bisanya cuman membaca infonya dan berdecak kagum
    tanpa bisa melihatnya di negeri sendiri hihihihi…
    tp gw tetep bangga sama negeri ini meski banyak suramnya wkkwkw

  12. julpan ginting
    18/04/2010 pukul 04:32

    jgnkan mau menciptakan sperti ini.
    indonesia bru ngutang 2 unit sukoy az.
    7thn bru lunas.
    hahhhahhhhahahahahahahhhahahhahh
    kita kan bisanya cuma meniruu
    dan demo

    • marfi182
      17/07/2010 pukul 10:11

      diam semua cerewet,,,

      sana buat negara aja sendiri!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: