Beranda > Berita Internasioanl > Gunung Meletus, Debu Ancam Udara Eropa

Gunung Meletus, Debu Ancam Udara Eropa

Kepulan asap yang disertai hujan abu hasil ledakan gunung di Islandia telah meneror sebagian langit Eropa. Sejumlah negara di Eropa bagian barat untuk sementara waktu membatalkan banyak jadwal penerbangan komersil, Kamis (15/4).

Asap dan hujan abu itu berasal dari ledakan gunung di kawasan gletser Eyjafjallajokull, Islandia, Rabu (14/4). Gunung itu telah meletus dua kali dalam sebulan terakhir. Dalam jangka waktu 24 jam, asap letusan mengarah ke timur Islandia, menuju Inggris dan dataran Eropa. Menurut peneliti, asap dan hujan abu dari letusan gunung tidak saja mengganggu pandangan pilot, namun juga bisa merusak mesin pesawat selama penerbangan.

Tidak mau membahayakan keselamatan para penumpang dan awak pesawat, pihak berwenang di Inggris, Prancis, Belgia, dan Belanda hari ini memutuskan membatalkan banyak jadwal penerbangan komersil di seluruh bandara. Langkah serupa diikuti oleh Denmark, Irlandia, Swedia, Finlandia, dan Swiss.

Pembatalan jadwal penerbangan hari ini sudah menyusahkan puluhan ribu calon penumpang, yang menumpuk di berbagai bandara utama di Eropa.

Di Inggris, Otoritas Penerbangan Sipil menyatakan bahwa larangan terbang pesawat komersil diberlakukan setidaknya hingga Kamis pukul 18.00 waktu setempat (tengah malam WIB) dan menunggu perkembangan berikut. Di Irlandia, pihak berwenang menutup semua layanan penerbangan selama delapan jam, seperti yang dilakukan Denmark, Norwegia, Swedia, dan Finlandia.

Selain mengeluarkan asap dan hujan abu, letusan itu juga melelehkan lapisan es di Eyjafjallajokull sehingga menyebabkan naiknya permukaan air sungai hingga setinggi tiga meter. Kendati tidak ada laporan korban jiwa, sekitar 800 warga di dekat kawasan gletser itu telah mengungsi.

Pihak berwenang mengungkapkan bahwa ledakan kali ini 10 atau 20 kali lipat lebih kuat dari ledakan pertama bulan lalu sehingga berisiko tinggi menimbulkan banjir dari kawasan gletser.

Sementara itu, pengamat cuaca di Islandia mengaku tidak bisa memastikan sampai kapan gunung itu mengeluarkan asap dan hujan abu. “Ini bisa saja terjadi dalam beberapa hari atau pekan. Seberapa jauh itu mengganggu perjalanan udara tergantung pada cuaca,” kata Einar Kjartansson dari Kantor Meteorologi Islandia.

Ledakan gunung di kawasan gletser Eyjafjallajokull, Islandia, membuat asap menghalangi penerbangan seluruh Eropa, bahkan mengganggu jadwal bandara AS. Ini video dari dari dekat gunung berapi itu.

Info berkaitan:
Meletusnya gunung berapi di Islandia, mengakibatkan awan abu besar mengganggu wilayah udara di sebagian negara-negara di Eropa.

Hari ini, Sabtu (17/4) pagi, Italia menutup wilayah udaranya. Rencananya, Italia akan menutup wilayah udaranya selama delapan jam.

Otoritas penerbangan sipil mengumumkan. Wilayah udara akan ditutup antara 0400 GMT dan 1200 GMT Sabtu, otoritas ENAC mengumumkan Jumat (17/4) malam. (Ant)

Info berkaitan:
Awan abu dari letusan gunung berapi di Islandia, Rabu, menutup semua bandar udara di Finlandia, Kamis, sehingga menghentikan lalulintas udara di negeri tersebut.

Menurut Dinas Penerbangan Sipil Finlandia, wilayah udara Finlandia telah ditutup akibat awan abu gunung berapi dari Islandia, yang dapat mematikan mesin pesawat.

Selain itu, jarak pandang yang lemah akibat debu juga dapat menimbulkan resiko bagi keamanan pesawat, katanya. Penutupan sekarang dilakukan pada semua bandar udara di seluruh Finlandia, termasuk bandar udara Helsinki-Vantaa di ibu kota Finlandia.

Dinas Penerbangan Sipil Finlandia, Kamis larut malam, memutuskan bahwa bandar udara Helsinki-Vantaa direncanakan ditutup paling lambat pada tengah malam, ketika debu mulai mempengaruhi bagian selatan Finlandia. Pembatasan direncanakan berlangsung sampai Jumat pukul 15:00 waktu setempat.

Ratusan penerbangan telah dibatalkan di Finlandia, Kamis, termasuk puluhan penerbangan internasional dari dan ke Finlandia, sementara perjalanan udara juga telah dihentikan di beberapa negara lain Eropa, termasuk Norwegia dan Inggris.

Perusahaan penerbangan nasional Finlandia, Finnair, menyatakan perusahaan itu telah membatalkan 40 penerbangan pada Kamis, termasuk penerbangan ke Oslo dan London, sehingga mempengaruhi sebanyak 8.000 penumpang. Semua penerbangan diperkirakan dihentikan pada Jumat, saat bandar udara Helsinki-Vantaa ditutup.

Jawatan Kereta Negara Finlandia telah meningkatkan jumlah gerbong pada layanan kereta jarak-jauhnya guna menangani penambahan tuntutan penumpang akibat gangguan lalulintas udara.

Operator kereta juga merencanakan penambahan layanan buat Jumat guna mengganti kekurangan penerbangan. Angkatan Udara Finlandia juga telah menghentikan semua pelatihan dan pelatihan penerbangannya akibat awan debu. (Ant)

  1. 17/04/2010 pukul 08:18

    Selamat pagi, posting yang mengesankan banget, sukses untuk anda.
    Kunjungi juga Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, ada posting yang membahas : “Proses kerja usaha cuci sepeda motor?”, dan artikel lain yang berguna, jangan lupa kasi komentar yaaa. Makasih.
    proses kerja, usaha cuci sepeda motor, sepeda motor

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: